Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi

”Mengembangkan kajian keilmuan pendidikan sejarah yang kontekstual, transformatif, dan berakar pada karakteristik masyarakat laut-pulau, guna membentuk pendidik, peneliti sejarah dan tenaga kesejarahan yang unggul, reflektif, serta berdaya saing di tingkat lokal, nasional, dan global.”

Misi

  • Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bersifat teoritik dan aplikatif dengan inovasi – inovasi baru yang berorientasi pada karakteristik wilayah kepulauan.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang pendidikan kesejarahan yang berbasis pada kebutuhan pendidikan masyarakat laut pulau.
  • Melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di bidang pendidikan kesejarahan yang diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dengan masyarakat laut pulau.
  • Melaksanakan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, baik di dalam maupun di luar negeri untuk mendukung pengembangan model pendidikan dan penelitian yang berbasis pada kebutuhan masyarakat laut pulau.

Tujuan

  • Menguasai ilmu pendidikan sejarah dan terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran secara kreatif, iniovatif pada anak didik baik di tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat
  • Menguasai Proses Pendidikan yang profesional untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter, kreatif, inovatif dan berwawasan kesejarahan, kebudayaan yang berorientasi laut pulau serta responsif terhadap setiap peluang dan perkembangan yang terjadi.
  • Memiliki kemampuan memeliti di bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah sesuai dengan perkembangan iptek untuk kepentingan pembelajaran, pembangunan dan pengembangan ilmu pendidikan sejarah, budaya yang berorientasi laut pulau.
  • Memiliki peluang dan kemampuan untuk bekerja dan bersaing diluar bidang pendidikan/ keguruan

Strategi Pencapaian Visi, Misi

  • Kebijakan 1:
  1. Peningkatan rata-rata Indeks Prestasi (IP) lulusan ≥ 3,00
  2. Mepercepat masa studi mahasiswa dari rata-rata 5 tahun menjadi 4 tahun
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran secara teori dan praktek pada bidang Pendidikan Sejarah seperti, praktek mengajar (Microteaching), sanggar.
  4. Keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Seminar, Kuliah umum/Kuliah tamu, workshop kuliah lapangan (Praktikum), pemagangan pada bidang pendidikan sejarah yang berbasis pada pendidikan sejarah, kearifan lokal/sosiologi masyarakat pedesaan, praktek budaya serta kegiatan ilmiah lainnya
  5. Peningkatan Peran Penasehat Akademik dalam pengembangan karakter mahasiswa
  6. Keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan kuliah lapangan (Praktikum), pemagangan pada bidang pendidikan sejarah.
  •  Kebijakan 2 :
  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian Pendidikan sejarah dan budaya berbasis laut pulau
  2. Peningkatan penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa
  3. Menghasilkan luaran penelitian dalam bentuk publikasi yang bereputasi, baik nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan jumlah HAKI dan Paten dosen dan mahasiswa
  5. Integrasi hasil penelitian dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
  6. Mendorong publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal ilmiah nasional dan atau internasional;
  7. Mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait kearifan lokal (Seni, Teknologi Tradisional, sosiolgi masyarakat kepulauan, dan lainnya )
  •   Kebijakan 3 :
  1. Melakukan kegiatan pengabdian kolaboratif dosen dan mahasiswa setiap Semester
  2. Melakukan kerjasama dengan Stakeholder dalam bidang pengabdian kepada masyarakat berbasis laut pulau
  3. Menghasilkan luaran pengabdian dalam bentuk publikasi yang bereputasi nasional
  4. Integrasi hasil pengabdian dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
  •   Kebijakan 4 :
  1. Meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme dosen melalui studi lanjut dan sertifikasi kompetensi untuk menjadi dosen atau tenaga pengajar yang profesional
  2. Memetakan dan mengelompokan Tenaga Pendidik Berbasis Kompetensi dan Kualifikasi Pendidikan
  3. Tersedianya fasilitas belajar (sarana dan prasarana) sehingga memenuhi standar nasional
  4. Terwujudnya Sistem manajemen mutu terpadu di program studi Pendidikan Sejarah.