Visi
“Pada Tahun 2025 Menjadi Program Studi Ungul, Transformatif Dan Berakar Pada Kearifan Lokal Masyarakat Laut Pulau Melalui Pendekatan Historical Didactic”
Visi Keilmuan
“Mengkaji dan Mengembangkan Ilmu Pendidikan Sejarah dengan Pendekatan Historical Didactic untuk menghasilkan Lulusan Unggul, Transformatif, berakar pada Kearifan Lokal Berwawasan Global, dan Memiliki Karakter Masyarakat LautPulau“
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sejarah yang berbasis pendekatan Historical Didactic
dengan memanfaatkan teknologi, metodologi inovatiť, dan kearifan lokal sebagai sumber belajar. - Mengembangkan penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan sejarah yang berorientasi pada penguatan
teori, inovasi pembelajaran, dan pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal serta karakter masyarakat laut pulau. - Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui transfer pengetahuan sejarah dan pendidikan
dengan menekankan pemberdayaan masyarakat berbasis kultural, maritim dan kepulauan, - Membangun jejaring dan kerja sama akademik di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk
memperkuat kualitas tridharma serta membentuk lulusan yang berwawasan global. - Mewujudkan tata kelola program studi yang profesional, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan
sesuai dengan prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi.
Tujuan
- Menguasai ilmu pendidikan sejarah dan terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran secara kreatif, iniovatif pada anak didik baik di tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat
- Menguasai Proses Pendidikan yang profesional untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter, kreatif, inovatif dan berwawasan kesejarahan, kebudayaan yang berorientasi laut pulau serta responsif terhadap setiap peluang dan perkembangan yang terjadi.
- Memiliki kemampuan memeliti di bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah sesuai dengan perkembangan iptek untuk kepentingan pembelajaran, pembangunan dan pengembangan ilmu pendidikan sejarah, budaya yang berorientasi laut pulau.
- Memiliki peluang dan kemampuan untuk bekerja dan bersaing diluar bidang pendidikan/ keguruan
Strategi Pencapaian Visi, Misi
- Kebijakan 1:
- Peningkatan rata-rata Indeks Prestasi (IP) lulusan ≥ 3,00
- Mepercepat masa studi mahasiswa dari rata-rata 5 tahun menjadi 4 tahun
- Meningkatkan kualitas pembelajaran secara teori dan praktek pada bidang Pendidikan Sejarah seperti, praktek mengajar (Microteaching), sanggar.
- Keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Seminar, Kuliah umum/Kuliah tamu, workshop kuliah lapangan (Praktikum), pemagangan pada bidang pendidikan sejarah yang berbasis pada pendidikan sejarah, kearifan lokal/sosiologi masyarakat pedesaan, praktek budaya serta kegiatan ilmiah lainnya
- Peningkatan Peran Penasehat Akademik dalam pengembangan karakter mahasiswa
- Keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan kuliah lapangan (Praktikum), pemagangan pada bidang pendidikan sejarah.
- Kebijakan 2 :
- Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian Pendidikan sejarah dan budaya berbasis laut pulau
- Peningkatan penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa
- Menghasilkan luaran penelitian dalam bentuk publikasi yang bereputasi, baik nasional maupun internasional.
- Meningkatkan jumlah HAKI dan Paten dosen dan mahasiswa
- Integrasi hasil penelitian dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
- Mendorong publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal ilmiah nasional dan atau internasional;
- Mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait kearifan lokal (Seni, Teknologi Tradisional, sosiolgi masyarakat kepulauan, dan lainnya )
- Kebijakan 3 :
- Melakukan kegiatan pengabdian kolaboratif dosen dan mahasiswa setiap Semester
- Melakukan kerjasama dengan Stakeholder dalam bidang pengabdian kepada masyarakat berbasis laut pulau
- Menghasilkan luaran pengabdian dalam bentuk publikasi yang bereputasi nasional
- Integrasi hasil pengabdian dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
- Kebijakan 4 :
- Meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme dosen melalui studi lanjut dan sertifikasi kompetensi untuk menjadi dosen atau tenaga pengajar yang profesional
- Memetakan dan mengelompokan Tenaga Pendidik Berbasis Kompetensi dan Kualifikasi Pendidikan
- Tersedianya fasilitas belajar (sarana dan prasarana) sehingga memenuhi standar nasional
- Terwujudnya Sistem manajemen mutu terpadu di program studi Pendidikan Sejarah.
