SOSIALISASI VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH KEPADA DOSEN, TENDIK DAN MAHASISWA OLEH TIM PERUMUS

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada Dosen, Tendik dan Mahasiswa dapat terlaksana dengan baik pada tanggal 29 Oktober 2020 di Ruang Rapat FKIP Universitas Pattimura. Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi komunikasi akademik yang bertujuan untuk membangun sinergi antara program studi dan sivitas akademika sebagai pengguna dan penyelenggara strategis dalam penguatan mutu dan pengembangan institusi. Melalui kegiatan ini, Program Studi Pendidikan Sejarah menyampaikan visi dan misi program studi yang selaras dengan arah kebijakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Universitas Pattimura. Sosialisasi ini juga menjadi momentum penting untuk mendengarkan masukan, kritik, dan saran dari para dosen, tendik dan mahasiswa sebagai pihak yang telah mengalami proses pendidikan di lingkungan program studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Pattimura

Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, khususnya kepada para dosen, tendik dan mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi. Tak lupa kamki haturkan terkimakasih kepada tim pelaksana dan dosen Program Studi Pendidikan Sejarah yang telah bekerja keras menyiapkan seluruh rangkaian acara ini. Semoga kegiatan ini menjadi awal dari sinergitas program studi pendidikan sejarah dengan sivitas akademika dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan sejarah di masa mendatang. Akhir kata, kami berharap laporan ini dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai pelaksanaan kegiatan dan menjadi bahan evaluasi bagi pelaksanaan kegiatan serupa di masa yang akan datang.

Ambon, Oktober 2020

Penyusun

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.. iii

DAFTAR ISI iv

BAB I PENDAHULUAN.. 5

1.1. Latar Belakang Kegiatan. 5

1.2. Tujuan Kegiatan. 5

1.3. Sasaran/Peserta. 2

1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan. 2

BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN.. 3

2.1. Bentuk dan Tema Kegiatan. 3

2.3. Dokumentasi Kegiatan. 5

BAB III HASIL DAN EVALUASI 6

3.1. Tanggapan Peserta. 6

3.2. Capaian Kegiatan. 6

3.3. Hambatan dan Solusi 6

3.4. Evaluasi Kegiatan. 7

BAB IV PENUTUP. 8

4.1. Kesimpulan. 8

4.2. Saran untuk Kegiatan Selanjutnya. 8

LAMPIRAN.. 10

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Kegiatan

Visi dan misi merupakan elemen fundamental yang mencerminkan arah pengembangan dan identitas sebuah program studi dalam sistem pendidikan tinggi. Program Studi Pendidikan Sejarah, sebagai bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, berkomitmen untuk senantiasa menyelaraskan arah pengembangannya dengan dinamika kebutuhan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan, serta kebijakan nasional dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepulauan. Sebagai bagian dari mekanisme penjaminan mutu dan pelibatan pemangku kepentingan, alumni memiliki peran strategis dalam memberikan masukan terhadap relevansi visi dan misi program studi. Dosen, tendik dan mahasiswa adalah representasi nyata dari pelaksanaan pembelajaran dan yang dilaksanakan oleh program studi. Oleh karena itu, keterlibatan dosen, tendik dan mahasiswa dalam proses sosialisasi dan validasi visi-misi sangat penting guna menjamin keberlanjutan mutu pendidikan dan keberterimaan lulusan di dunia kerja.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Program Studi Pendidikan Sejarah menyampaikan pembaruan dan penegasan visi-misi yang kini lebih terfokus pada penguatan karakter kepulauan, integrasi nilai-nilai lokal dalam pendidikan sejarah, serta orientasi pada akreditasi unggul. Kegiatan ini juga menjadi forum dialog dan refleksi bersama dosen, tendik dan mahasiswa untuk memperoleh umpan balik terhadap arah pengembangan program studi, termasuk keterkaitan antara kurikulum dan kebutuhan lapangan kerja. Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan terbentuk pemahaman bersama mengenai orientasi visi misi sebagai strategi pendidikan sejarah di Universitas Pattimura, serta terbangunnya iklim akademik jangka panjang dalam peningkatan mutu melalui, penelitian terapan, serta pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berkelanjutan.

1.2. Tujuan Kegiatan

Kegiatan sosialisasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada dosen, tendik dan mahasiswa FKIP Universitas Pattimura dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut:

  • Menyampaikan dan memperkenalkan rumusan visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada dosen, tendidikdan mahasiswa sebagai bagian dari pemangku kepentingan internal yang relevan.
  • Menginformasikan arah strategis dan fokus pengembangan program studi, terutama yang berkaitan dengan karakter kepulauan, nilai-nilai lokal, dan orientasi akreditasi unggul.
  • Mendapatkan masukan, tanggapan, serta saran dari para dosen, tendidik dan mahasiswa  terkait implementasi visi dan misi dalam kurikulum, pembelajaran, dan kesiapan lulusan di dunia kerja.
  • Memperkuat hubungan dan komunikasi antara program studi dengan para pemangju kepentingan, guna mendukung peningkatan mutu akademik, tracer study, serta pengembangan program tridarma perguruan tinggi.
  • Menjadi bagian dari mekanisme penjaminan mutu internal, khususnya dalam pemenuhan unsur keterlibatan stakeholder dalam validasi dan penyempurnaan dokumen visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi.

1.3. Sasaran/Peserta

Kegiatan sosialisasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pattimura ini secara khusus ditujukan kepada para dosen, tendidik dan mahasiswa. Kehadiran para dosen, tendidik dan mahasiswa sebagai peserta utama dalam kegiatan ini merupakan bentuk konkret pelibatan eksternal dalam proses penjaminan mutu dan pengembangan program studi.

1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada Dosen, tendidik dan mahasiswa FKIP Universitas Pattimura dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal: Selasa, 29 Oktober 2020
  • Waktu: Pukul 09.00 – 12.00 WIT
  • Tempat: Ruang Rapat Prodi Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon

Pemilihan tempat di ruang rapat Prodi pendidikan Sejarah FKIP Unpatti bertujuan untuk menciptakan suasana yang inklusif, terbuka, dan representatif dalam menjalin komunikasi secara baik  Tempat ini juga dipilih karena strategis dan mendukung kelancaran kegiatan, baik dari segi teknis maupun logistik.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1. Bentuk dan Tema Kegiatan

Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada Dosen, tendidik dan Mahasiswa FKIP Universitas Pattimura dilaksanakan dalam bentuk forum dialog interaktif yang memadukan paparan dari pihak program studi dan sesi diskusi terbuka bersama para peserta. Forum ini dirancang untuk membangun komunikasi dua arah antara dosen, tendidik dan mahasiswa sebagai representasi pemangku kepentingan internal yang berpengaruh terhadap arah pengembangan kurikulum, kualitas lulusan, dan keberlanjutan visi kelembagaan.

  • Format kegiatan terdiri atas tiga bagian utama:
  • Pembukaan dan pemaparan visi dan misi program studi oleh Ketua Prodi,
  • Diskusi dan penyampaian tanggapan dari dosen tendidik dan mahasiswa
  • Penyusunan poin masukan sebagai bahan penyempurnaan dokumen visi dan misi program studi.

Kegiatan ini difasilitasi oleh dosen dan tim penjaminan mutu internal program studi, serta didokumentasikan sebagai bagian dari proses validasi eksternal dokumen (Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran). Tema kegiatan yang diangkat adalah:

“Penguatan Relevansi Visi-Misi Program Studi Pendidikan Sejarah Kepada Dosen, Tendidik dan Mahasiswa FKIP Unpatti

Tema ini dipilih sebagai wujud komitmen program studi dalam menyelaraskan arah pengembangan akademik dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, melalui pelibatan aktif pemangku kepentingan internal.

2.2. Rangkaian Acara

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama satu sesi pagi hingga siang hari, dengan susunan acara yang sistematis untuk memastikan penyampaian informasi berjalan efektif dan diskusi bersama peserta berlangsung optimal. Berikut adalah rincian jadwal kegiatan:

Tabel 1. Rangkaian Kegiatan Kuliah Tamu

WaktuAgendaPenanggung Jawab / Narasumber
09.00 – 09.15 WITPembukaan Acara dan SambutanModerator & Ketua Program Studi
09.15 – 09.45 WITPemaparan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program StudiDr. Sem Touwe, M.Pd (Ketua Program Studi)
09.45 – 10.30 WITDiskusi dan Tanggapan PesertaPerwakilan dari peserta
10.30 – 11.15 WITPenyampaian Masukan dan Rekomendasi Tertulis Tim Notulen Perumus
11.15 – 11.45 WITPenegasan Komitmen Program Studi dan Mahasiswa (HMPS)Ketua Prodi & Perwakilan Mahasiswa (HMPS)
11.45 – 12.00 WITPenutupan dan Dokumentasi KegiatanModerator

2.3. Dokumentasi Kegiatan

BAB III
HASIL DAN EVALUASI

3.1. Tanggapan Peserta

Secara umum, para dosen, tendidik dan perwakilan mahasiswa memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap pelaksanaan kegiatan sosialisasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah. Mereka mengapresiasi keterbukaan program studi dalam melibatkan pemangku kepentingan internal sebagai bagian dari proses peninjauan dan penguatan arah strategis institusi akademik. Para peserta menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting untuk membangun iklim akademik dan memenuhi tuntutan kebutuhan perkembangan IPTES saat ini dan akan datang. Para peserta juga menyampaikan bahwa visi dan misi yang dirumuskan saat ini sudah mencerminkan semangat masyarakat kepulauan, kearifan lokal, dan orientasi kualitas pendidikan yang kompetitif. Namun demikian, mereka juga menyoroti pentingnya aspek implementatif, seperti integrasi nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran, pelatihan lapangan, dan kurikulum berbasis proyek.

3.2. Capaian Kegiatan

Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada dosen, tendik dan mahasiswa berhasil mencapai sejumlah capaian penting yang sejalan dengan tujuan pelaksanaannya. Adapun capaian kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tersampaikannya informasi terbaru mengenai visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Pendidikan Sejarah secara terbuka dan terstruktur kepada para dosen, tendidik dan mahasiswa yang hadir dalam forum.
  • Terkumpulnya masukan dan saran konstruktif dari peserta yang bersumber implementasi pembelajaran sejarah, kebutuhan keterampilan abad 21, dan relevansi kurikulum dengan tuntutan lapangan.
  • Diperolehnya umpan balik langsung sebagai bagian dari validasi internal dokumen visi dan misi program studi, yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyesuaian atau penegasan ulang dokumen Visi Mmisi untuk keperluan akreditasi dan pengembangan institusi.
  • Terdokumentasikannya hasil kegiatan dalam bentuk laporan tertulis, notulensi, dan dokumentasi visual, yang akan menjadi arsip resmi serta bukti kegiatan penjaminan mutu berbasis pelibatan stakeholder internal.

3.3. Hambatan dan Solusi

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada dosen, tendidk dan mahasiswa terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, baik dari aspek teknis maupun partisipatif. Salah satu hambatan utama adalah jumlah peserta mahasiswa yang hadir tidak sepenuhnya sesuai dengan target yang telah ditetapkan mengingat kondidsi Covit yang belum berakhir sepenuhnya. Hambatan berikutnya terkait dengan keterbatasan waktu dalam menjaring tanggapan secara lisan selama sesi diskusi. Meskipun antusiasme peserta sangat tinggi, namun waktu yang tersedia tidak memungkinkan seluruh peserta menyampaikan pandangannya secara langsung. Semua hasil tanggapan tersebut kemudian dihimpun dan dilampirkan sebagai bagian dari dokumentasi kegiatan.

3.4. Evaluasi Kegiatan

Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan sosialisasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar dan memenuhi tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. Dari aspek perencanaan, panitia berhasil menyusun agenda secara sistematis, dengan alokasi waktu dan susunan acara yang mendukung terciptanya suasana dialogis antara para peserta. Kehadiran para peserta menunjukkan antusiasme serta kepedulian terhadap arah pengembangan program studi. Dari sisi pelaksanaan, kegiatan berlangsung sesuai jadwal dan mencerminkan koordinasi yang baik antara tim pelaksana, moderator, dan narasumber. Meskipun terdapat beberapa hambatan. Materi sosialisasi tersampaikan dengan jelas melalui presentasi Ketua Program Studi, sementara forum diskusi berjalan dinamis dengan banyaknya tanggapan dari peserta.

Aspek substansi juga mendapatkan nilai positif, di mana peserta menilai bahwa visi dan misi yang disampaikan telah menunjukkan arah kemajuan yang responsif terhadap tantangan zaman, khususnya dalam konteks pendidikan sejarah berbasis kepulauan dan nilai nilai kearifan lokal.

BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan

Kegiatan sosialisasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada dosen, tendidik dan mahasiswa sebagai pemangku kepentingan internal FKIP Universitas Pattimura yang dilaksanakan pada 15 Juni 2023 di Student Center FKIP Unpatti telah berlangsung dengan lancar dan memperoleh tanggapan yang positif dari para peserta. Melalui forum ini, program studi berhasil menyampaikan arah strategis pengembangan institusi secara terbuka dan dialogis kepada dosen, tendidik dan mahasiswa sebagai bagian penting dari pemangku kepentingan internal. Kegiatan ini tidak hanya menjadi media komunikasi, tetapi juga sarana refleksi bersama atas kesesuaian antara visi dan misi program studi dengan kebutuhan dunia kerja, tantangan pendidikan masa kini, serta nilai-nilai lokal yang menjadi ciri khas wilayah kepulauan. Tanggapan dan saran yang disampaikan peserta menunjukkan adanya kesadaran akan pentingnya partisipasi aktif dalam penguatan mutu akademik dan relevansi lulusan di masyarakat.

Kendala yang muncul selama pelaksanaan kegiatan dapat diatasi dengan baik, dan dokumentasi hasil kegiatan telah disusun secara lengkap sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu internal. Pelibatan peserta dalam kegiatan ini juga menunjukkan komitmen program studi dalam menjalankan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan kolaborasi berkelanjutan. Dengan demikian, sosialisasi ini menjadi langkah awal yang strategis dalam mengembangkan program studi kedepan khusussnya mendukung penyempurnaan dokumen visi, misi, program studi secara lebih kontekstual dan aplikatif.

4.2. Saran untuk Kegiatan Selanjutnya

Berdasarkan hasil pelaksanaan dan evaluasi kegiatan, terdapat beberapa saran yang dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kualitas kegiatan serupa di masa mendatang, antara lain:

  • Perluasan jangkauan pelaksanaan melalui format hybrid (luring dan daring) agar lebih banyak para pemangku kepentingan dari luar daerah dapat berpartisipasi tanpa terkendala jarak dan waktu. Hal ini akan memperluas representasi dan memperkaya masukan yang diperoleh.
  • Peningkatan komunikasi pra-kegiatan melalui media sosial, email resmi, dan grup mahasiswa, untuk membangun antusiasme dan menginformasikan tujuan kegiatan secara lebih awal, sehingga mahasiwa maupun tendidik dapat mempersiapkan diri dan menjadwalkan kehadiran lebih efektif.
  • Penyusunan materi sosialisasi yang lebih aplikatif dan komunikatif, misalnya dengan menggunakan infografik, video pendek, atau studi kasus dari pengalaman para dosen, agar penyampaian visi-misi tidak hanya bersifat formal, tetapi juga kontekstual dan inspiratif.
  • Penciptaan ruang tindak lanjut setelah kegiatan, seperti pembentukan forum diskusi rutin, atau pelibatan pemangku kepentingan internal seperti alumni sehingga hasil dari kegiatan ini tidak bersifat satu arah atau sesaat.
  • Peningkatan dukungan teknis dan logistik, termasuk kesiapan perangkat dan operator, guna memastikan kelancaran jalannya kegiatan, terutama dalam sesi presentasi dan dokumentasi.

 

LAMPIRAN

Notulensi Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi

Hari/Tanggal: Selasa, 29 Oktober 2020

Waktu: 09.00 – 12.00 WIT

Tempat: Ruang rapat Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti

Moderator: Johan Pattiasina, S.Pd., MA.

Notulis: Rina Pusparani, S.S M.Hum

WaktuAgendaIsi Pembahasan / Catatan PentingTindak Lanjut / Catatan Tambahan
09.00 – 09.15Pembukaan & Sambutan Ketua ProdiDr. Sem Touwe, M.Pd menyampaikan sosialisasi validasi visi dan misi serta peningkatan mutu program studi.Dosen, tendidik dan Mahasiswa adalah pengguna Internal yang perlu memahami Vsi dan misi prodi pendidikan sejarah
09.15 – 09.45Pemaparan Visi dan Misi Program StudiPenjelasan VM terbaru, dikaitkan dengan strategi kepulauan dan kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah.Disarankan agar narasi visi dimasukkan dalam setiap kegiatan.
09.45 – 10.30Diskusi & Tanggapan pesertaPeserta mengapresiasi arah visi-misi dan memberi masukan: perkuat kompetensi digital, kurikulum berbasis proyek, dan lain-lain.Masukan akan dirangkum dan dibawa ke rapat tim pengembang.
10.30 – 11.15Penyampaian Rekomendasi Tertulispeserta menyerahkan tanggapan via formulir, termasuk saran dosen dan mahasisw pengabdian dan riset lokal.Formulir direkap oleh tim dan dimasukkan ke dokumen VM.
11.15 – 11.45Penegasan Komitmen pengembagan Visi Misi secara internal maupun eksternal.Peserta menyatakan kesiapan terlibat dalam kuliah tamu, pengembangan kurikulum, dan tracer study.Disiapkan surat komitmen tindak lanjut untuk sosialisasi.
11.45 – 12.00Penutupan dan DokumentasiKegiatan ditutup oleh moderator. Dilanjutkan dengan foto bersama dan pengisian daftar hadir.Dokumentasi dilampirkan dalam laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *