PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH DI KECAMATAN SERAM UTARA BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PATTIMURA TAHUN 2022
- Pendahuluan
Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan dan pengajaran di program studi Pendidikan Sejarah sebagai program studi pada pendidikan tinggi, dan merupakan wadah penggodok dan penghasil sumberdaya manusia yang paripurna agar mamupu beradapatasi dengan perkembangan saman maka diperlukan manusia yang unggul dan trampil sebagai tenaga kependidikan. Untuk mencapai maksud tersebut, dibutuhkan sejumlah program penunjang proses pembelajaranan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program sosialisai visi, misi Program Studi Pendidikan Sejarah kepada para pemangku kepentimhgan. Program tahunan yang dimaksud terdiri dari berbagai kegiatan sosialisasi selama tahun 2022. Program sosialisasi visi prodi pendidikan Sejarah tidak terlepas daeri tridarma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat dengan sasaran mengembangkan program studi menjadi program studi unggul berbasis laut pulau sesuai perkembangan Llmu Pengetahuan dan Teknologi.
- Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan sosialisasi visi Program Studi Pendidiian Sejarah FKIP Unpatti adalah untuk Meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan/masyarakt terhadap visi Program Studi Pendidikan Sejarah yang adalah lembaga kependidikan profesi guru/tenaga kependidikan Selain itu tujuan kegiatan tahunan penyampaian visi Prodi Pendidikan sejarah untuk membangun jejaring dengan pemangku kepantingan di berbagai kbupaten kota di Maluku. Kegiatan sosialisasi visi ini juga merupakan ajang untuk Mmempromosikan Prodi Pendidikian Sejarah sebagai pilihan utama calon mahasiswa.
- Pelaksanaan kegiatan
Kunjungan ke sekolah untuk pennyampaian visi Program Studi Pendidikan Sejarah yang dilakukan setiap Tahun, sebagai bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat.

LEMBAR PENGESAHAN
Judul Kegiatan
Laporan Kegiatan Sosialisasi Visi Misi, Kurikulum Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti di Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah
Tanggal
18-19 Februari 2022
Lokasi
Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah
Laporan kegiatan ini telah disusun dan dilaksanakan oleh panitia pelaksana, serta telah disetujui oleh Ketua Program Studi dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura sebagai bentuk pertanggungjawaban akademik.
Ambon, 26 Februari 2022

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kegiatan Sosialisasi Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura dapat terlaksana dengan baik pada tanggal 18-19 Februari 2022 di MA Al-Islah, Desa Gale-gale, Kabupaten Maluku Tengah. Laporan ini disusun sebagai bentuk dokumentasi dan pertanggungjawaban akademik atas pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengkaji kembali arah pengembangan program studi bersama para pemangku kepentingan, khususnya pada level pendidikan menengah. Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam proses penjaminan mutu internal dan eksternal program studi, serta sekaligus mempererat sinergi antara institusi pendidikan tinggi dan masyarakat, khususnya sekolah-sekolah mitra. Melalui pelibatan aktif guru, alumni, serta siswa, diharapkan nilai-nilai visi dan misi program studi dapat dipahami, didukung, dan diimplementasikan dalam berbagai konteks pendidikan.
Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan seluruh warga MA Al-Islah Desa Gale-gale yang telah memberikan dukungan dan fasilitas, serta kepada seluruh tim pelaksana dan narasumber atas kerja sama yang solid. Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah memberikan masukan dan tanggapan konstruktif selama kegiatan berlangsung. Semoga laporan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat, menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan mutu kelembagaan, dan mendukung langkah-langkah penguatan visi keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pattimura secara berkelanjutan.
Ambon, Februari 2022
Panitia
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………… v
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………… v
1.1. Latar Belakang Kegiatan…………………………………………………………………… 1
1.2. Tujuan Kegiatan……………………………………………………………………………….. 1
1.3. Sasaran/Peserta………………………………………………………………………………… 2
1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan………………………………………………………….. 2
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN………………………………………………………… 3
2.1. Bentuk dan Tema Kegiatan………………………………………………………………… 3
2.2 Jadwal kegiatan…………………………………………………………….4
BAB III HASIL DAN EVALUASI………………………………………………………………. 5
3.1. Tanggapan Peserta……………………………………………………………………………. 5
3.2. Capaian Kegiatan……………………………………………………………………………… 7
3.3. Hambatan dan Solusi………………………………………………………………………… 9
3.4. Evaluasi Kegiatan…………………………………………………………………………… 10
BAB IV PENUTUP………………………………………………………………………………….. 12
4.1. Kesimpulan……………………………………………………………………………………. 12
4.2. Saran untuk Kegiatan Selanjutnya…………………………………………………….. 12
LAMPIRAN
Visi keilmuan merupakan komponen fundamental dalam pembangunan dan pengembangan program studi di perguruan tinggi. Visi menggambarkan arah jangka panjang yang ingin dicapai oleh program studi, sedangkan misi menjabarkan langkah-langkah strategis yang akan diambil untuk mewujudkan visi tersebut. Dalam konteks Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, penyusunan dan penyempurnaan visi keilmuan menjadi bagian penting dari upaya penjaminan mutu, pembaruan kurikulum, serta respons terhadap dinamika kebutuhan masyarakat dan perkembangan keilmuan sejarah, khususnya dalam konteks kepulauan dan nilai-nilai lokal Maluku. Sebagai bagian dari mekanisme evaluasi berkelanjutan, program studi perlu melakukan sosialisasi visi dan misi kepada para pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal. Salah satu kelompok eksternal yang strategis adalah mitra pendidikan menengah seperti Madrasah Aliyah, yang menjadi tempat penyaluran lulusan serta cerminan dari kebutuhan riil dunia pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini dirancang tidak hanya untuk memperkenalkan narasi visi keilmuan tetapi juga menjaring tanggapan, kritik, dan masukan dari pihak sekolah serta masyarakat pendidikan.
Pemilihan lokasi kegiatan di MA Al-Islah, Desa Gale-gale, Kabupaten Maluku Tengah, merupakan bentuk nyata dari komitmen program studi dalam menjangkau wilayah-wilayah yang secara geografis berada di luar pusat kota, namun memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk jejaring pendidikan sejarah di Maluku. Kegiatan ini juga menjadi momen strategis untuk memperkuat kemitraan antara program studi dan sekolah-sekolah menengah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, pelibatan alumni, dan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya menjadi forum komunikasi akademik, tetapi juga instrumen strategis dalam memastikan keselarasan antara arah pengembangan program studi dengan harapan masyarakat, nilai-nilai lokal, serta tantangan global yang dihadapi dunia pendidikan saat ini.
Kegiatan Sosialisasi Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:
- Mensosialisasikan visi Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Pattimura kepada pemangku kepentingan di tingkat pendidikan menengah, khususnya guru, kepala sekolah, dan peserta didik di MA Al-Islah, Desa Gale-gale.
- Menjalin komunikasi dan kerja sama strategis antara Program Studi Pendidikan Sejarah dengan sekolah mitra sebagai bagian dari penguatan jejaring pendidikan sejarah di Maluku.
- Menjaring aspirasi, kritik, dan masukan dari pihak eksternal (sekolah, alumni, masyarakat) untuk penyempurnaan dokumen visi program studi agar lebih relevan dan aplikatif.
- Meningkatkan kesadaran dan pemahaman para peserta terhadap arah pengembangan program studi, termasuk nilai-nilai yang diusung dalam kurikulum berbasis lokalitas, kebangsaan, dan kompetensi abad 21.
- Memberikan ruang reflektif dan partisipatif bagi alumni serta guru untuk menyampaikan evaluasi, harapan, dan bentuk dukungan terhadap penguatan mutu akademik dan lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah.
Kegiatan ini dirancang untuk melibatkan berbagai pihak yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak langsung dengan pengembangan Program Studi Pendidikan Sejarah, khususnya dalam konteks pendidikan menengah dan pemetaan kebutuhan calon mahasiswa. Adapun sasaran dan peserta kegiatan meliputi:
- Guru dan Kepala Sekolah MA Al-Islah, SMA Negeri 20 Maluku Tengah, MTs Al Islah, SMP Negeri 76 Maluku Tengah. Kecamatan Seram Utara Barat.
- Siswa kelas XI dan XII MA Al-Islah, SMA Negeri 20 Maluku Tengah, dan Siswa VII VIII MTs Al Islah, SMP Negeri 76 Maluku Tengah sebagai kelompok sasaran yang berpotensi melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, dan perlu memahami arah, nilai, serta keunggulan Program Studi Pendidikan Sejarah.
- Alumni Program Studi Pendidikan Sejarah yang berdomisili di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, untuk memberikan tanggapan, pengalaman, dan saran berbasis praktik kerja nyata yang relevan dengan capaian pembelajaran program studi.
- Perwakilan dosen dari Program Studi Pendidikan Sejarah, sebagai narasumber dan fasilitator utama dalam menyampaikan materi visi Misi dan Kurikulum dan arah kebijakan pengembangan program studi.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Sosialisasi Visi Misi dan Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti dilaksanakan dalam bentuk pertemuan tatap muka interaktif, yang melibatkan unsur dosen, guru, siswa, dan alumni di lingkungan Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan ini dirancang untuk mendorong dialog terbuka, pertukaran gagasan, dan penguatan pemahaman bersama mengenai arah pengembangan Program Studi Pendidikan Sejarah. Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan meliputi:
- Pemaparan Materi, yang disampaikan oleh dosen Program Studi Pendidikan Sejarah mengenai isi dan arah visi Misi dan Kurikulum Program Studi.
- Diskusi dan tanya jawab, antara peserta (guru, siswa, dan alumni) dengan narasumber terkait substansi visi Misi dan Kurikulum serta relevansinya terhadap tantangan pendidikan di tingkat menengah.
- Refleksi dan evaluasi, melalui pengisian formulir umpan balik peserta terhadap substansi dan pelaksanaan kegiatan.
- Penyampaian Komitmen Kolaborasi, dalam rangka memperkuat jejaring pendidikan antara program studi dan sekolah.
Tema kegiatan ini mengacu langsung pada judul laporan, yaitu:
“Sosialisasi Visi Misi dan Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Pattimura”
2.2. Rangkaian Acara
Kegiatan Sosialisasi Visi Misi dan Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah dilaksanakan selama dua hari dengan susunan acara yang terstruktur dan partisipatif. Rangkaian kegiatan dirancang untuk mendorong pemahaman, interaksi, serta perolehan umpan balik dari peserta secara optimal. Berikut adalah susunan acara untuk masing-masing hari:
Jadwal Jumat , 18 Februari 2022
WAKTU | KEGIATAN | PENANGGUNG JAWAB/ NARASUMBER |
08.00–09.00 | Pembukaan | Panitia |
09.00–10.00 | Sosialisasi Program Studi | Panitia |
10.00–10.30 | Sosialisasi Visi Misi | Dr. Sem Touwe, M.Pd |
10.30-11.00 | Pemaparan Kurikulum | Dr. Bety D.S. Hetharion, M.Pd |
11.00–12.00 | Diskusi dan Tanya Jawab | Moderator: Johan Pattiasina, MA |
12.00-13.00 | ISHOMA | Panitia |
13.00–14.00 | Lanjutan Diskusi Visi Misi dan Kurikulum | Moderator: Johan Pattiasina, MA |
Sabtu, 19 Februari 2022
WAKTU | KEGIATAN | PENANGGUNG JAWAB/NARASUMBER |
08.00–09.00 | Pertemuan Bersama Perangkat Desa Gale-Gale | Panitia |
09.00–12.00 | Bakti Sosial | Panitia |
12.00-13.00 | ISHOMA | Panitia |
13.00-14.00 | Penutupan | Panitia |
Secara umum, peserta kegiatan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan sosialisasi visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pattimura. Para guru dan kepala sekolah menilai kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai sarana memperoleh informasi yang lebih komprehensif mengenai arah pengembangan program studi, termasuk keunggulan akademik, profil lulusan, dan peluang kerja bagi mahasiswa lulusan sejarah. Siswa peserta sosialisasi mengaku antusias mengikuti pemaparan materi dan diskusi karena mendapat wawasan baru mengenai pilihan studi di bidang pendidikan sejarah, terutama terkait dengan kontribusi sejarah dalam pembangunan masyarakat, pelestarian nilai-nilai lokal, serta peluang berkarier di bidang pendidikan, penelitian, dan kebudayaan.
Beberapa alumni yang hadir memberikan tanggapan positif atas relevansi visi dan misi dengan pengalaman nyata mereka di dunia kerja. Mereka menilai bahwa visi dan misi program studi telah selaras dengan kebutuhan kompetensi abad 21, terutama dalam aspek berpikir kritis, kemampuan komunikasi, dan pemahaman kontekstual terhadap dinamika sosial budaya Maluku. Selain itu, peserta juga memberikan sejumlah masukan yang konstruktif, antara lain pentingnya penguatan sosialisasi secara daring, integrasi kegiatan dengan pengenalan profesi keguruan, serta perlunya pelatihan singkat bagi siswa untuk lebih memahami peran sejarah dalam kehidupan nyata. Seluruh tanggapan ini menjadi indikator bahwa kegiatan telah mencapai tujuannya secara substansial dan berhasil membangun kesadaran kolektif mengenai pentingnya visi dan misi dalam sistem pendidikan tinggi.
Kegiatan Sosialisasi Visi keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah yang diselenggarakan selama dua hari di Desa Gale-gale, Kecamatan Seram Utara Barat berhasil mencapai sejumlah capaian penting baik dari aspek substansi, partisipasi, maupun kolaborasi kelembagaan.
- Kegiatan ini berhasil menyampaikan secara utuh dan sistematis rumusan visi, keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pattimura kepada seluruh peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah, siswa, dan alumni. Materi yang dipaparkan oleh tim dosen disampaikan secara komunikatif dan disertai diskusi yang membangun, sehingga peserta dapat memahami arah pengembangan program studi secara lebih mendalam.
- Tercipta ruang dialog yang aktif antara pemangku kepentingan pendidikan menengah dan tim akademik program studi. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab dan diskusi kelompok, yang menghasilkan berbagai masukan strategis untuk penyempurnaan implementasi dalam kurikulum dan kegiatan akademik.
- Kegiatan ini berhasil memperkuat jejaring kerja sama antara Program Studi Pendidikan Sejarah dan MA Al-Islah sebagai mitra potensial dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis nilai sejarah dan lokalitas. Bentuk kolaborasi yang dirumuskan antara lain adalah penyelenggaraan workshop tematik, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan pemetaan minat siswa dalam studi lanjut di bidang sejarah.
- Kegiatan ini juga mencatat partisipasi aktif alumni sebagai unsur penting dalam evaluasi keselarasan visi keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah dengan realitas dunia kerja. Kontribusi mereka memberikan perspektif aplikatif yang memperkaya substansi kegiatan dan menambah relevansi materi yang disampaikan.
Secara keseluruhan, kegiatan ini dapat dikatakan berhasil dalam mencapai tujuan utamanya, yaitu memperkenalkan, mengkomunikasikan, serta memperoleh umpan balik terhadap visi keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah secara partisipatif dan kontekstual di lingkungan pendidikan menengah.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, baik dalam aspek teknis maupun non-teknis. Namun demikian, tim pelaksana bersama pihak sekolah mampu mengidentifikasi dan menyusun solusi yang efektif sehingga kegiatan tetap berjalan lancar dan mencapai tujuannya.
1. Hambatan Teknis Akses Lokasi
Lokasi kegiatan yang berada di Desa Gale-gale, Kabupaten Maluku Tengah, cukup jauh dari pusat kota Ambon dan memerlukan waktu tempuh yang panjang serta akses jalan yang belum terlalu baik. Hambatan ini berpotensi mengganggu waktu persiapan kegiatan dan mobilitas tim pelaksana.
Solusi:
Tim pelaksana melakukan koordinasi awal dengan pihak sekolah dan masyarakat setempat untuk memastikan akomodasi transportasi yang aman dan efisien. Jadwal keberangkatan juga diatur lebih awal agar waktu pelaksanaan kegiatan tidak terganggu.
2. Keterbatasan Sarana Presentasi
Di lokasi kegiatan, ketersediaan peralatan seperti LCD projector, sound system, dan koneksi internet terbatas, sehingga sempat menghambat efektivitas penyampaian materi visual.
Solusi:
Panitia membawa perlengkapan mandiri dari kampus dan menyesuaikan metode presentasi dengan fasilitas yang tersedia, termasuk menggunakan media cetak (leaflet) dan diskusi langsung untuk menjaga interaksi.
3. Waktu Kegiatan yang Terbatas
Antusiasme peserta tinggi, sehingga waktu yang dialokasikan untuk diskusi dan tanya jawab dirasa kurang memadai untuk menampung seluruh masukan dan pertanyaan.
Solusi:
Tim dosen menyediakan formulir isian dan tautan umpan balik daring untuk mengakomodasi masukan tambahan dari peserta setelah kegiatan berakhir. Hasil evaluasi ini tetap dihimpun sebagai bagian dari dokumentasi.
4. Keterbatasan Kehadiran Alumni
Beberapa alumni yang diundang tidak dapat hadir secara langsung karena kesibukan pekerjaan dan kendala geografis.
Solusi:
Kegiatan tetap menghadirkan alumni yang tersedia dan membuka ruang kontribusi dari alumni lainnya secara daring melalui video testimoni dan pengisian form refleksi online.
Evaluasi kegiatan Sosialisasi Visi keilmuan Studi Pendidikan Sejarah dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif untuk menilai efektivitas, relevansi, dan dampak dari pelaksanaan kegiatan terhadap peserta dan tujuan program studi. Evaluasi ini mencakup tiga aspek utama, yaitu pelaksanaan teknis, keterlibatan peserta, dan pencapaian tujuan.
1. Aspek Pelaksanaan Teknis:
Secara umum, kegiatan berlangsung sesuai dengan rencana. Persiapan logistik dan administrasi berjalan baik, meskipun terdapat kendala teknis minor seperti akses lokasi dan keterbatasan alat presentasi. Namun hal ini berhasil diantisipasi oleh tim pelaksana. Tempat pelaksanaan di MA Al-Islah juga dinilai cukup representatif dan mendukung suasana kegiatan akademik yang inklusif.
2. Aspek Keterlibatan Peserta:
Partisipasi aktif peserta, baik guru, siswa, maupun alumni, menjadi indikator utama keberhasilan kegiatan. Antusiasme peserta terlihat dari keterlibatan dalam diskusi, pertanyaan-pertanyaan kritis, serta masukan yang substansial terhadap visi dan misi program studi. Kehadiran alumni juga memperkuat perspektif reflektif dalam menilai kesesuaian visi keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah dengan tantangan dunia kerja.
3. Aspek Pencapaian Tujuan:
Kegiatan ini berhasil mencapai seluruh tujuan yang telah ditetapkan. Peserta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap arah pengembangan Program Studi Pendidikan Sejarah. Kegiatan ini juga menghasilkan masukan konkret dari peserta yang dapat digunakan sebagai bahan penyempurnaan visi keilmuan program studi Pendidikan Sejarah. Selain itu, terjalin komitmen awal untuk menjalin kerja sama lebih lanjut antara program studi dan pihak sekolah.
Kegiatan Sosialisasi Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Sejarah yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Februari 2022 di MA Al-Islah, Desa Gale-gale, Kabupaten Maluku Tengah, berhasil dilaksanakan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi seluruh pihak yang terlibat. Kegiatan ini menjadi momentum strategis untuk memperkuat komunikasi dan pemahaman antara Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pattimura dengan komunitas pendidikan menengah di wilayah kepulauan. Melalui pemaparan materi, diskusi interaktif, dan refleksi bersama, peserta memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang arah pengembangan program studi, relevansi visi dengan kebutuhan pendidikan dan dunia kerja, serta komitmen akademik dalam menjawab tantangan zaman. Kehadiran siswa, guru, dan alumni dalam forum ini memperkaya perspektif yang dibutuhkan untuk penyempurnaan dokumen visi keilmuan secara partisipatif dan berbasis realitas lapangan.
Meskipun terdapat beberapa hambatan teknis, kegiatan ini tetap berlangsung lancar berkat kesiapan panitia dan dukungan aktif dari pihak sekolah. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini tidak hanya berhasil dalam hal penyampaian informasi, tetapi juga membuka ruang kolaboratif untuk membangun jaringan kemitraan antara program studi dan mitra eksternal. Dengan demikian, kegiatan ini dinilai sebagai langkah konkret dan berkelanjutan dalam mewujudkan visi Program Studi Pendidikan Sejarah sebagai pusat unggulan pendidikan sejarah yang kontekstual, responsif, dan berbasis kearifan lokal di wilayah Indonesia timur.
4.2. Saran untuk Kegiatan Selanjutnya
Berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari peserta, terdapat beberapa saran yang dapat menjadi acuan untuk peningkatan pelaksanaan kegiatan serupa di masa mendatang:
1. Perluasan Wilayah Sosialisasi
Disarankan agar kegiatan sosialisasi visi keilmuan program studi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti tidak hanya terfokus pada satu lokasi, tetapi juga menjangkau sekolah-sekolah lain di wilayah Kabupaten Maluku Tengah dan kabupaten/kota lainnya. Hal ini penting untuk memperluas jangkauan informasi dan memperkuat citra program studi di kalangan calon mahasiswa potensial.
2. Pelibatan Lebih Banyak Alumni dan Mitra Dunia Kerja
Kehadiran alumni terbukti memberikan nilai tambah yang signifikan. Oleh karena itu, pada kegiatan selanjutnya perlu melibatkan lebih banyak alumni dari berbagai angkatan dan latar belakang profesi untuk memberikan sudut pandang praktis dan inspiratif kepada peserta.
3. Penguatan Media Sosialisasi Digital
Untuk menjangkau generasi muda yang akrab dengan teknologi, disarankan agar program studi menyiapkan materi sosialisasi dalam bentuk digital, seperti video pendek, infografis, dan booklet daring. Ini akan memperluas dampak sosialisasi di luar acara tatap muka.
4. Peningkatan Waktu dan Format Interaktif
Durasi kegiatan sebaiknya diperluas agar memberi ruang yang cukup untuk diskusi dan refleksi. Format interaktif seperti simulasi, kuis, atau studi kasus dapat ditambahkan untuk meningkatkan keterlibatan peserta, khususnya siswa.
5. Penguatan Dokumentasi dan Tindak Lanjut
Diperlukan sistem dokumentasi yang sistematis untuk menyimpan hasil evaluasi, masukan peserta, serta komitmen kolaboratif. Hasil tersebut dapat dijadikan dasar dalam penyempurnaan dokumen visi keilmuan dan laporan akreditasi program studi.
Lampiran Kegiatan :






DAFTAR HADIR PESERTA
“Kegiatan Sosialisasi Visi, Misi dan Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Pattimura di Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah”
Gale-gale, 18-19 Februari 2022




Ketua Prodi Pendidikan Sejarah
Dr. Sem Touwe, M.Pd
NIP. 19631018 199203 1 001